Ilmuwan Akhirnya Memecahkan Misteri Ikan Bernyanyi


Minggu, 25 September 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Kembali di tahun 1980, warga rumah kapal di California telah melaporkan mendengar suara dengungan aneh di malam hari. Dengungan rendah itu menyerupai foghorn (peluit kabut) kapal pada malam yang sangat berkabut, akhirnya para warga meminta penjelasan mengenai asal suara itu, berbagai pendapat pun muncul, bahkan ada yang menduga suara itu berasal dari pipa limbah yang rusak untuk pengujian senjata militer rahasia.

Namun, seiring berjalannya waktu, akhirnya para ilmuwan yang turut menyelidiki telah berhasil menemukan asal muasal suara itu, yang ternyata benar-benar berasal dari ikan Taruna (midshipman fish), yaitu spesies nokturnal yang sangat tidak biasa mulai 'bernyanyi' di tengah malam untuk membantu menarik pasangan mereka.

Ilmuwan Akhirnya Memecahkan Misteri Ikan Bernyanyi

Baca Juga:

Suara aneh dan perilaku ini sebelumnya pernah didokumentasikan oleh Charles Greene kembali pada tahun 1924.

"Greene menyebutnya sebagai ikan Taruna, yaitu ikan bernyanyi California," kata Profesor Andrew Bass yang memimpin sebuah studi baru pada subjek. "Kami menduga bahwa yang betina juga dapat bernyanyi, namun ternyata hanya ikan jantan saja yang membangun sarang dan menghasilkan dengungan untuk menarik betina mereka ke sarang."

Menurut para peneliti, itu adalah melatonin, hormon yang sama yang membantu manusia tidur, hormon ini mendorong ikan untuk bangun pada waktu yang tepat dan mulai menarik perhatian pasangan mereka di malam hari.

Penasaran seperti apa suara ikan bernyanyi ini? Berikut video rekamannya:

VIDEO IKAN BERNYANYI

Nama 'Taruna' yang diberikan untuk ikan ini karena mengingatkan pengamat awal 'photophores' bioluminescent diambil dari tombol pada seragam taruna akademi angkatan laut.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(BBC)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. haha aneh juga ya kang kok ikan bisa nyanyi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya sob, yg nyiptain lagunya siapa ya??
      mungkin Om Iwa K kali...hihihi :D

      Hapus