'Mesin Kuno' Lindungi Piramida Khufu Selama 4000 Tahun


Jumat, 15 Juli 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Sebuah sistem keamanan khusus di luar Kamar Raja yang ada di Piramida Besar telah terpasang sempurna dimaksudkan untuk mencegah pencuri yang berusaha masuk. Seperti yang dijelaskan oleh Egyptologist Mark Lehner pengaman ini disebut sebagai 'mesin sangat primitif', mekanisme kuno yang terdiri dari serangkaian blok dan alur tersembunyi di balik dinding piramida.

Bertindak sebagai penghalang tambahan untuk mencegah para pencuri yang berusaha mengakses makam, sistem ini akan diaktifkan oleh pekerja dengan menjatuhkan lembaran granit besar di tempat untuk memblokir satu-satunya pintu masuk ke dalam ruang Firaun Khufu dan harta nya yang telah aman ditempatkan di dalam.

Mesin Kuno Lindungi Piramida Khufu Selama 4000 Tahun

Baca Juga:

Sayangnya meskipun mengingat bahwa makam sekarang berisi sedikit lebih dari sarkofagus granit, tampaknya bahwa mekanisme perlindungan kuno ini mungkin belum terlalu efektif dalam menjaga dari para penjarah.

Akan tetapi, apakah Kamar Raja benar-benar tempat peristirahatan terakhir Khufu?

Mantan menteri barang antik Mesir, Zahi Hawass percaya bahwa ruang ini mungkin sebenarnya hanyalah sebuah umpan dan bahwa makam serta harta yang sebenarnya masih tersembunyi di dalam piramida.

Hal yang menarik dan menjadi perhatian terkait dengan teori ini adalah adanya empat poros sempit yang ditemukan menjauh dari kedua ruang Raja dan ruang Ratu.

Mesin Kuno Lindungi Piramida Khufu Selama 4000 Tahun
Gambar 1
Gambar 1: Di luar pintu masuk ke ruang Raja (tersembunyi dalam Piramida Agung Giza), pekerja mengukir serangkaian alur dan dilengkapi tiga lempengan granit besar (panah merah). Setelah mumi raja itu aman di dalam ruangan, para pekerja turun lalu lempengan pun menutup memblokir pintu masuk.

Mesin Kuno Lindungi Piramida Khufu Selama 4000 Tahun
Gambar 2
Gambar 2: Para pekerja kuno kemudian memuat tiga blok besar granit (lebih besar dari yang pertama dipasang ke dalam alur; panah merah) dan meluncur turun untuk memblokir pintu masuk ke lorong bawah Ruang Raja, pada dasarnya memotong akses menuju ke tempat yang biasa disebut tempat suci.

Dengan mengirimkan robot khusus untuk menyelidiki, para peneliti telah menemukan bahwa tiga dari poros ini tampaknya menyebabkan pintu misterius dengan pegangan tembaga dapat menyembunyikan makam Khufu yang sebenarnya.

Jika hal ini menjadi pemecah atas kasus, maka sejauh ini pembangun piramida kuno telah benar-benar sukses merancang hal yang mustahil dengan membangun mekanisme keamanan yang telah berhasil menjaga makamnya serta melindungi selama lebih dari 4.000 tahun. Waktu yang luar biasa lama.

Yuk intip videonya:

VIDEO MESIN PELINDUNG PIRAMIDA

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar