Misteri Tully Monster Akhirnya Terpecahkan


Minggu, 20 Maret 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Makhluk prasejarah aneh ini telah meninggalkan ilmuwan menggaruk kepala mereka selama lebih dari 50 tahun. Spesimen fosil makhluk prasejarah yang dikenal dengan nama Tully Monster ini diperoleh dari seorang kolektor yang bernama Francis Tully, fosil tersebut ditemukan pada tahun 1958.

Penghuni prasejarah aneh ini, diperkirakan hidup 307 juta tahun yang lalu di sebuah muara pesisir di tempat yang sekarang bernama timur laut Illinois, sayangnya makhluk ini sangat sulit untuk diklasifikasikan oleh para ilmuwan selama lebih dari lima dekade.

Misteri Tully Monster Akhirnya Terpecahkan

Baca Juga:

Dengan tubuh berbentuk torpedo panjang dan dua mata membentuk bar horisontal yang melekat pada wajahnya, penampilan aneh makhluk itu tidak dikenal oleh ilmu pengetahuan. Apalagi melihat bentuknya yang memiliki moncong panjang menonjol dari kepalanya dengan cakar gigi penuh melekat pada ujungnya. Membuat Tully Monster makin menjadi makhluk yang misterius.

"Saya akan menempatkan peringkat Tully Monster di atas skala keanehan," kata ahli paleontologi Victoria McCoy dari Universitas Inggris Leicester.

Misteri Tully Monster Akhirnya Terpecahkan
Spesimen fosil Tully Monster
Credit: Paul Mayer, The Field Museum via EurekAlert

Misteri Tully Monster Akhirnya Terpecahkan
Rekonstruksi Tully Monster
Credit: Sean McMahon/Yale University via EurekAlert

Namun sekarang, lebih dari setengah abad sejak pertama kali ditemukannya, para peneliti akhirnya bisa menentukan keluarga makhluk spesimen aneh ini.

"Saya selalu mencintai pekerjaan detektif, dan dalam paleontologi, saya tidak pernah mendapatkan yang jauh lebih baik dari ini," kata James Lamsdell dari American Museum of Natural History di New York.

"Setelah kami re-studi spesimen ini menunjukkan bahwa itu adalah lamprey yang sangat aneh, kelompok vertebrata seperti belut yang hidup di sungai dan laut saat ini."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar