Gawat, Awan Gas Raksasa Sedang Menuju Galaksi Kita


Sabtu, 06 Februari 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Gawat, Awan Gas Raksasa Sedang Menuju Galaksi Kita

Awan gas bisa memicu ledakan pembentukan bintang jika bertabrakan namun akan memakan waktu 30 juta tahun untuk sampai ke sini (galaksi kita). Awan gas raksasa yang dikenal dengan nama 'Smith Cloud' ditemukan pada tahun 1960 oleh mahasiswa doktoral Gail Smith. Awan gas besar tersebut memiliki ukuran panjang sekitar 11.000 tahun cahaya dan lebar 2.500 tahun cahaya. Awan gas yang benar-benar besar.

Astrofisikawan telah mempelajari sifat-sifatnya selama bertahun-tahun, tapi untuk sementara banyak yang telah diketahui tentang ukuran dan lintasannya, asal-usulnya telah lama tetap menjadi misteri.

Gawat, Awan Gas Raksasa Sedang Menuju Galaksi Kita

Baca Juga:

Satu teori adalah bahwa awan gas itu merupakan sebuah galaksi yang tidak pernah sepenuhnya terbentuk, tapi sekarang setelah diukur komposisi kimianya untuk pertama kalinya menggunakan Hubble Space Telescope Cosmic Origins Spectrograph, para astronom telah menentukan bahwa awan itu sebenarnya pernah diusir dari galaksi kita sendiri jutaan tahun yang lalu dan secara perlahan-lahan membuat jalan kembali ke sini.

"Awan gas adalah contoh bagaimana galaksi berubah seiring waktu," kata pemimpin studi Andrew Fox.

Gawat, Awan Gas Raksasa Sedang Menuju Galaksi Kita

"Hal ini memberitahu kepada kita bahwa galaksi Bima Sakti kita sebenarnya menggelegak, tempat yang sangat aktif di mana gas dapat tersingkirkan dari satu bagian piringan galaksi dan kemudian dapat kembali lagi menghampiri galaksi."

Semoga saja, awan gas tersebut tidak menimbulkan hal-hal yang dapat merusak galaksi kita.

VIDEO AWAN 'SMITH CLOUD'

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(cbc)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 komentar:

  1. tuh kalau sampai nabrak bumi gawat kali ya... bisa aja itu adalah akhir kehidupan manusia gan. mengertikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru Bumi kita itu ada dalam lingkup galaksi Bima Sakti, jd terjadi apa2 dgn galaksi kita otomatis Bumi jg akan mengalami dampaknya, bs jd itulah kiamat. Tp hanya Allah Yang Maha Tahu.

      Hapus
  2. kudu tambah rajin sembahyang nih hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, ketahuan gak rajin ya... hehe :)

      Hapus