Planet Ini Mengorbit Mataharinya Selama 1 Juta Tahun


Rabu, 27 Januari 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para astronom baru-baru ini telah mengidentifikasi sebuah sistem tata surya terbesar yang pernah ditemukan. Terletak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi, planet katai merah kecil yang dikenal sebagai 2MASS J2126-8140 tersebut mengorbit bintang induknya dengan rentang jarak yang mengejutkan, yaitu satu triliun mil.

Planet ini memiliki massa sekitar 11 sampai 15 kali dari massa Jupiter, ukuran yang menempatkannya pada batas antara status bintang dan planet, serta membutuhkan waktu satu juta tahun Bumi untuk menyelesaikan orbit tunggalnya. Orbit planet diperkirakan sekitar 140 kali lebih luas daripada Pluto.

Planet Ini Mengorbit Mataharinya Selama 1 Juta Tahun
Ilustrasi planet 2MASS J2126-8140

Baca Juga:

"Itu cukup mengejutkan bagi kami, menemukan sesuatu yang begitu muda dan begitu jauh," kata Dr Simon Murphy dari ANU Sekolah Penelitian Astronomi dan Astrofisika. "Ada beberapa sistem planet luas yang ditemukan pada lima atau enam tahun terakhir ini, tapi penemuan kali ini adalah jauh terluas."

Penemuan ini sangat menarik karena memberikan tantangan teori pembentukan planet konvensional serta menunjukkan bahwa planet-planet bisa eksis lebih jauh keluar dibandingkan hasil dari studi sebelumnya.

Planet Ini Mengorbit Mataharinya Selama 1 Juta Tahun

"Ketika kita melihat bintang-bintang lainnya... mereka biasanya dikelilingi oleh piringan gas dan debu yang terjadi ketika planet-planet itu terbentuk, tapi kali ini kami tidak melihat sama sekali adanya piringan itu, bahkan ratusan faktor lainnya seluas jarak yang memisahkan antara bintang ini dan planetnya," kata Dr Simon Murphy.

Hal itulah yang membuat planet ini menjadi istimewa.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(smh)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar:

  1. Astagaaa..betul-betul luar biasa..sampai 1 Jeti Tahun..ckckkc..mantaffff.

    BalasHapus