Inilah Hewan Tertua di Dunia Berusia 183 Tahun


Senin, 11 Januari 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Meskipun usianya sekitar hampir dua abad, kura-kura raksasa Aldabra yang diberi nama Johnathan ini masih tampak kuat. Reptil yang berumur panjang ini merupakan spesies yang dapat ditemukan di sebuah pulau terluar dari Seychelles dekat Madagaskar, mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya di pulau Saint Helena di Atlantik Selatan.

Sejarawan percaya bahwa ia dibawa ke sana pada tahun 1882 sebagai hadiah untuk gubernur British pada waktu itu dan bahkan sampai hari ini dia masih bisa ditemukan berkeliaran di perkebunan sekitar rumah.

Inilah Hewan Tertua di Dunia Berusia 183 Tahun
Jonathan, kura-kura raksasa Aldabra, yang hampir punah pada abad ke-18 dan ke-19 
karena ulah pemburu yang memburu mereka untuk makanan. Photo oleh Simon Benjamin, Alamy

Baca Juga:

Sayangnya hanya ada beberapa kura-kura raksasa Aldabra yang masih hidup di dunia saat ini karena sebagian besar dari mereka mulai punah selama abad ke-18 dan ke-19 oleh ulah para pemburu. Saat ini, spesies kura-kura ini dianggap rentan terhadap kepunahan dan konservasionis telah bekerja keras untuk mempertahankan beberapa individu agar tetap hidup.

Adapun kura-kura yang bernama Johnathan ini, setidaknya dia masih bertahan untuk jangka panjang. Tidak jelas berapa lama memiliki kesempatan untuk hidup tapi ada kesempatan baik bahwa dia akan berada di sekitar tempat itu untuk beberapa tahun ke depan, meski tidak pasti.

Bahkan ada kemungkinan bahwa ia mungkin masih bisa hidup lebih lama dari kita semua. Semoga saja tetap begitu. Agar generasi penerus kita bisa bertemu dengannya.

Semangat untuk Johnathan..

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar