Kalajengking Laut Prasejarah Ditemukan di Iowa


Minggu, 06 September 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Satu spesies baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya yaitu kalajengking laut prasejarah berukuran manusia telah ditemukan di Iowa. Spesies purba ini dikenal sebagai Pentecopterus decorahensis, eurypterid kuno ini hidup sekitar 460 juta tahun yang lalu, jauh sebelum dinosaurus pertama ada.

"Spesies baru ini sangat aneh," kata pemimpin penulis studi James Lamsdell. "Bentuk dayung, yaitu kaki yang digunakan untuk berenang sangatlah unik, seperti bentuk kepalanya yang juga besar !"

Kalajengking Laut Prasejarah Ditemukan di Iowa
Ilustrasi Kalajengking laut prasejarah

Baca Juga:


Lebih dari 150 fragmen fosil yang berasal dari spesies baru ditemukan, sesuatu yang mungkin terawetkan karena berada pada batuan sedimen terbentuk dari lumpur konsolidasi atau tanah liat tebal dampak dari adanya kawah kuno.

"Mungkin yang paling mengejutkan adalah cara yang fantastis itu yang menyebabkannya terawetkan," kata Lamsdell. "Exoskeleton dikompresi di atas batu tetapi dapat terkelupas dan dipelajari di bawah mikroskop."

Kalajengking Laut Prasejarah Ditemukan di Iowa

Kalajengking Laut Prasejarah Ditemukan di Iowa
Para peneliti di Iowa

Para peneliti percaya bahwa Pentecopterus mungkin berjalan menggunakan enam kakinya bukan dengan delapan kaki seperti kalajengking pada umumnya dan memiliki kaki belakang yang ditutupi bulu kaku yang membantunya untuk merasakan lingkungan sekitar.

Mengingat ukurannya yang besar dengan panjang lima kaki, spesies ini akan menjadi pemandangan yang menonjol jika dilihat di laut prasejarah.

Lihat videonya yuk:

NGINTIP VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 komentar:

  1. Kalaejengkin sebesar manusia wawbanget. Seperti cerita cerita legenda rakyat ya.
    Saya kadi berpikir jgn2 legenda2 rakyat itu dulunya emang ada ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin aja sih sob.. kebanyakan kalo legenda itu ada benarnya sob ketimbang mitos.

      Hapus
  2. iowa itu daerah mana ya ? kalajengkingnya jika gigit manusia bisa langsung pingsan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iowa itu Negara bagian AS mas..
      waduh kurang tau tuh kalo digigit gimana rasanya, la wong gedenya aja kyk manusia kok, bukan digigit lagi mas tp dimakan... hehe... :D

      Hapus