Terungkap, Wilayah Pegunungan Baru di Pluto


Kamis, 23 Juli 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Terungkap, Wilayah Pegunungan Baru di Pluto

Sebuah foto baru dari probe New Horizons yang telah berhasil mengungkap wilayah luas lain dari sebuah pegunungan di permukaan Pluto. Hanya beberapa hari sejak foto-foto resolusi tinggi pertama Pluto dikembalikan oleh pesawat ruang angkasa, kini sudah banyak yang terungkap tentang dunia es yang ada di tempat jauh ini.

Gambar sebelumnya memperlihatkan pegunungan yang sebanding tingginya dengan pegunungan Rocky di Bumi, namun gambar lainnya lebih menunjukkan rantai terpisah dari puncak pegunungan yang ukurannya sama dengan Pegunungan Appalachian.

Baca Juga:

Terungkap, Wilayah Pegunungan Baru di Pluto

Fitur-fitur geologi ini sangat luar biasa membentang di garis tepi bentuk khas 'jantung hati' Pluto yang ternyata dipecah ke beberapa daerah berbeda dengan berbagai tekstur dan reflektifitas.

Para ilmuwan masih bekerja untuk menentukan proses yang bertanggung jawab untuk transisi mencolok antara kawasan kawah yang gelap ditandai pada satu sisi dan dataran beku halus di sisi lainnya.

"Ada perbedaan dalam tekstur antara dataran muda, dataran beku ke timur dan gelap, medan kawah ke barat," kata ahli geofisika New Horizons, Jeff Moore.

"Ada interaksi yang kompleks yang terjadi antara terang dan bahan gelap yang masih kita coba untuk memahaminya."

Terungkap, Wilayah Pegunungan Baru di Pluto

Sejauh ini, gambaran yang berhasil ditangkap sudah cukup membuat kita lebih banyak tahu tentang dunia jauh dan dingin ini. Serta akan lebih banyak lagi mengungkap hal-hal tersembunyi lainnya dari Pluto.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar