Fosil Misterius Ular Prasejarah Berkaki Empat


Sabtu, 25 Juli 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan telah menemukan sisa-sisa fosil dari spesies ular yang aneh dengan empat kaki kecilnya. Diperkirakan usia fosil sekitar 120 juta tahun yang lalu, spesimen milik spesies yang diberi nama Tetrapodophis amplectus itu ditemukan dalam formasi Crato kaya fosil di negara bagian Brasil, yaitu Ceará.

Meskipun ular ini primitif dengan sebagian anggota tubuhnya yang membentuk kaki belakang telah ditemukan sebelumnya, namun untuk spesimen ini sangatlah tidak biasa karena fitur set lengkap empat kaki di badannya.

Fosil Misterius Ular Prasejarah Berkaki Empat

Baca Juga:

"Spesies ini memiliki tulang namun sangat mirip seperti ular, ia juga memiliki tubuh lebih panjang dari ekornya, dan ia juga memiliki ratusan tulang, serta memiliki sisa-sisa hewan vertebrata lainnya di dalam perutnya, jadi bisa disimpulkan ia spesies karnivora," kata paleontolog David Martill. "Semua hal ini mengarahkan ia ke spesies ular."

Melihat kakinya yang sangat kecil, maka tidaklah mungkin dapat berguna secara fungsional.

Beberapa ilmuwan sekarang ini percaya bahwa spesimen aneh ini menunjuk pada kemungkinan bahwa ular berevolusi dari kadal penggali, membuat Tetrapodophis menjadi spesies transisi yang unik diantara keduanya.

Fosil Misterius Ular Prasejarah Berkaki Empat

Namun ada banyak ketidaksepakatan mengenai hal ini, apakah ini benar-benar terjadi atau tidak? Ataukah itu sejenis makhluk lainnya?

"Sejujurnya aku tidak berpikir bahwa fosil tersebut merupakan sisa-sisa dari ular," kata paleontolog Michael Caldwell. "Spesies ini benar-benar tidak memiliki fitur kunci dari kolom tulang belakang yang membuatnya lebih mengarah ke ordo squamata (skala reptil) serta lebih khusus ke ular."

"Saya pikir spesimen ini sangat penting, tapi saya tidak tahu spesies apa itu sebenarnya."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. fosil binatang purbakala sepertinya, Tapi bukan ular kalau menurut saya

    BalasHapus