Ditemukan Exoplanet yang Seukuran Mars


Minggu, 21 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para astronom telah berhasil mengidentifikasi planet seukuran Mars yang mengorbit sebuah bintang dengan jarak 200 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini merupakan salah satu planet ekstrasurya terkecil yang pernah ditemukan, dunia yang jauh lebih kecil ini mengorbit bintang katai merah bernama Kepler-138 dan juga diduga memiliki dua planet tetangga dengan ukuran mirip Bumi.

Berdasarkan ukuran dan jaraknya, maka planet ini ibarat setara dengan posisi bulan.

"Kami sudah tertarik pada ukuran dan massa planet ini," kata Dr Jason Rowe dari SETI Institute. "Oleh karena itu, kita tahu kepadatan rata-rata, dan menemukan bahwa planet itu sangat mirip dengan Mars di tata surya kita."

Ditemukan Exoplanet yang Seukuran Mars

Baca Juga:

"Exoplanet ditemukan dalam berbagai ukuran dan massa. Beberapa bidang berbatu seperti Venus, Bumi dan Mars, tetapi yang lain hanya merupakan kumpulan bola gas. Jadi menarik untuk melihat bahwa, setidaknya dalam kasus ini, ukuran planet Mars benar-benar sama persis dengan planet ini. "

Sayangnya mengingat jarak dari bintang induknya, planet baru ini tidak mungkin untuk mendukung kehidupan. Namun masih banyak yang dapat dipelajari oleh para ilmuwan dengan mempelajari sistem bintang Kepler-138.

Ditemukan Exoplanet yang Seukuran Mars

Yang menarik adalah cara planet dalam menjaga keseimbangan orbit masing-masing serta menjaga waktu orbit mereka.

"Setiap makhluk luar angkasa yang tinggal di sistem ini, akan menjadi ahli pembuat jam tangan, sebab panjang tahun mereka selalu berubah-ubah," kata Dr Jason Rowe.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bt)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar: