Kapal Karam Abad ke-17 Ditemukan Dekat Panama


Minggu, 17 Mei 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para arkeolog, belum lama ini telah berhasil menemukan bangkai utuh dari kapal dagang Spanyol yang tenggelam pada tahun 1681. Kapal kargo itu ditemukan oleh tim yang telah berusaha untuk melacak sisa-sisa kapal milik privateer terkenal Kapten Henry Morgan.

Apa yang mereka temukan adalah sebuah kapal dagang Spanyol yang bernama Encarnación yang tenggelam di perairan dangkal di mulut Sungai Chagres selama badai lebih dari 300 tahun yang lalu sambil membawa barang-barang berharga dari New World kembali ke Eropa.

Kapal Karam Abad ke-17 Ditemukan Dekat Panama

Baca Juga:

Meskipun mudah untuk mengaksesnya hanya 40 kaki dari permukaan air, namun kapal tersebut hampir sama sekali tidak tersentuh oleh para penjarah dan banyak kargo aslinya yang masih bisa ditemukan di atas kapal.

Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa lambung kapal telah dilapisi bahan yang disebut Granel yang digunakan oleh pembuat kapal sebagai jenis pemberat permanen untuk membantunya tetap stabil di dalam air.

Kapal Karam Abad ke-17 Ditemukan Dekat Panama

Para peneliti berharap bahwa temuan kapal ini akan membantu mereka untuk lebih memahami teknik pembuatan kapal di abad ke-17 serta perdagangan dan praktek era maritim pada saat itu.

"Kapal ini adalah tulang punggung dari koloni Spanyol," kata arkeolog Fritz Hanselmann.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 komentar:

  1. Padahal tidak terlalu jauh kapalnya tenggelam dari permukaan laut, Tapi belum ada satu pun yang mengetahuinya...penemuan yang sangat mengesankan... sudah lama sekali kapalnya tenggelam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob, aneh jg ya pdhl ga dalam tp ga ada yg tau. Mungkin ga ada yg nyelam daerah situ kali sob

      Hapus
  2. kapal yang sudah tua ya mas, kapal untuk perdagangan ini utk ekspor barang ya mas?utk diedarkan ke berbagai negara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan sob, Henry Morgan itu sudah sangat terkenal sebagai bajak laut pada jamannya..

      Hapus