Vitamin ini Melindungi Anda Dari Diabetes


Kamis, 05 Maret 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebuah studi baru melihat bagaimana kekurangan vitamin D dapat dihubungkan dengan diabetes. Apa yang para peneliti temukan ini sangat mengejutkan.

Obesitas dan diabetes tipe 2 lebih cenderung memiliki keterkaitan. Bahkan, diabetes tipe 2 adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan obesitas utama, yang disebut juga gangguan metabolisme. Penelitian baru-baru ini, yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, melihat hubungan antara vitamin D, obesitas, dan diabetes tipe 2. Itu adalah studi kecil dengan sekitar 140 peserta, dipisahkan oleh Body Mass Index (BMI) dan dengan apakah mereka memiliki diabetes, pradiabetes atau tidak.

Para peneliti kemudian mengukur masing-masing tingkat vitamin D pasien.

Vitamin ini Melindungi Anda Dari Diabetes

Mereka menemukan bahwa kadar vitamin D rendah mungkin menjadi indikator kuat diabetes dibandingkan obesitas. Pasien obesitas tanpa diabetes memiliki kadar vitamin D lebih tinggi. Vitamin D dapat menjadi kunci dalam melindungi kita dari penyakit diabetes.

Baca Juga:

Penulis studi Manuel Macías-González, PhD mengatakan, "Temuan kami menunjukkan bahwa vitamin D dikaitkan lebih erat dengan metabolisme glukosa dari obesitas." Dia menunjukkan bahwa obesitas dan vitamin D kurang bekerja sama "untuk meningkatkan risiko diabetes dan gangguan metabolisme lainnya. Rata-rata orang mungkin dapat mengurangi risiko dengan menjaga pola makan yang sehat dan melakukan aktivitas di luar ruangan yang cukup."

Dr. Macías-González mengatakan bahwa kekurangan vitamin D dan obesitas "berinteraksi secara sinergis," yang berarti bahwa satu atau yang lain dapat menyebabkan diabetes tipe 2, jika Anda memiliki keduanya, kelebihan berat badan dan kekurangan vitamin D, maka resiko terkena diabetes tipe 2 jauh lebih besar.

Kedengarannya sedikit muram, tapi hasil ini sebenarnya bisa menjadi kabar yang baik. Studi ini menunjukkan bahwa kita harus memastikan mendapat cukup vitamin D, bisa dari sinar matahari, makanan yang diperkaya vitamin D atau dengan mengambil suplemen vitamin D. Hal ini tentunya dapat melindungi kita dari diabetes.

Cara yang terbaik untuk mengetahui apakah kadar vitamin D Anda rendah atau tidak adalah meminta bantuan dokter Anda untuk melakukan tes darah sederhana. Jika Anda kekurangan atau jika Anda memiliki kadar vitamin D yang rendah, dokter mungkin menyarankan Anda untuk mengambil suplemen vitamin D.

Jika Anda seorang vegan atau vegetarian, penting untuk mengetahui bahwa tidak semua suplemen vitamin D diciptakan sama. Secara umum, vitamin D2 adalah nabati, dan vitamin D3 berasal dari sumber hewani. Tapi! Ada nabati suplemen vitamin D3 di luar sana yang terbuat dari lumut. Dokter cenderung bersandar terhadap suplemen D3, karena bentuk vitamin D lebih mudah diserap, sehingga mungkin suplemen D3 nabati ini layak untuk membantu meningkatkan asupan vitamin D Anda.

Studi baru ini merupakan bagian dari penelitian yang menghubungkan vitamin D dan kesehatan kekebalan tubuh. Penelitian sebelumnya juga telah menemukan bahwa vitamin D dapat melindungi Anda dari kanker jenis tertentu, membantu tubuh Anda melawan flu dan mendukung kehamilan yang sehat.

Untuk itu, penuhilah segera kebutuhan vitamin D Anda.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar: