Alasan Ilmiah Mengapa Tertawa itu Sehat


Rabu, 11 Maret 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Semua orang pasti pernah tertawa. Saat mengalami kejadian yang lucu, kita pasti tertawa. Mendengar suara-suara yang menggelikan, kita juga akan tertawa. Kita semua sangat menikmati tertawa. Namun, tahukah Anda, dengan tertawa itu merupakan satu hal yang benar-benar baik untuk Anda. Satu tawa kecil saja secara teratur bisa memperbaiki hidup Anda. Apakah itu benar?

Baca Juga:

Alasan Ilmiah Mengapa Tertawa itu Sehat

Berikut adalah 4 alasan ilmiah tentang tertawa dapat mempengaruhi segala hal dalam kehidupan Anda, bahkan kesehatan Anda:

1. Tampil lebih menarik. Ketika Anda tertawa, Anda akan memancarkan sebagian dari pesona Anda melalui raut wajah ceria Anda. Saat itulah mungkin daya tarik Anda keluar, sehingga orang lain akan merasa bahwa Anda terlihat menarik. Itu benar, tertawa benar-benar dapat membuat Anda lebih menarik bagi orang lain. Menurut penelitian, wanita cenderung lebih menyukai pria dengan rasa humor, sedangkan pria lebih memilih wanita yang menertawakan kecerdasan mereka. Tertawa juga penting dalam situasi sosial, karena dapat mencairkan suasana yang kaku, serta lebih mengikat tali persaudaraan antar sesama. Tak dapat disangkal, senyum liar adalah aksesori yang paling berharga bagi wajah siapapun.

2. Meningkatkan kesehatan emosional. Tertawa dapat melepaskan beberapa hormon yang menimbulkan perasaan baik, yaitu dopamin, serotonin, dan endorfin. Hal yang tampak kecil ini, ternyata memiliki dampak yang begitu besar pada diri Anda, dapat meningkatkan suasana hati Anda, meningkatkan pengalaman Anda, dan bahkan mengurangi stres dan rasa sakit. Anda percaya? Harus!Ketika Anda harus melewati hari-hari yang buruk, maka dengan tertawa dapat memberikan suasana hangat pada perasaan Anda. Bahkan akan lebih baik lagi, jika itu menular ke orang lain di dekat Anda, sehingga tawa Anda dapat membantu mencerahkan hari teman-teman Anda serta Anda sendiri!

3. Meningkatkan kesehatan pernafasan. Tertawa dapat mengaliri paru-paru Anda dengan udara yang segar, meningkatkan denyut jantung, dan membantu Anda bernapas lebih dalam. Ini membantu untuk meregangkan paru-paru dan menghidupkan kembali seluruh organ tubuh Anda. Tertawa adalah percikan menyambut dingin, air yang meremajakan sistem pernapasan Anda.

4. Mengurangi stres. Tertawa benar-benar adalah obat yang terbaik. Jika Anda dapat melihat masalah Anda melalui lensa berwarna-warni humor, Anda akan menjadi orang yang jauh lebih bahagia. Tindakan sederhana seperti tertawa terbahak-bahak bertanggung jawab untuk menurunkan hormon stres dan menenangkan ketegangan di seluruh tubuh. Karena stres kronis dapat merusak kesehatan Anda, tertawa juga sangat menguntungkan bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Ini adalah obat pencegahan untuk hampir setiap penyakit! Percayalah..

Tertawa dianggap lebih tua dari bahasa. Bahkan hewan pun melakukannya. Ini adalah salah satu hal yang paling alami dan bermanfaat yang dapat Anda lakukan untuk tubuh dan pikiran. Jadi silakan, bergaul dengan teman-teman Anda, menonton komedi situasi favorit Anda, atau menari diiringi musik lagu-lagu yang lucu!

Tertawa adalah ramuan kehidupan dan merupakan salah satu pertahanan terbaik terhadap berbagai macam penyakit. Tapi ingat, jangan tertawa bukan pada tempatnya dan jangan juga berlebihan ya... ^_^

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar