7 Fakta Penting Tentang Varises


Senin, 09 Maret 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Kata "varises" berarti diperbesar atau bengkak. Varises muncul dengan bentuk urat nadi yang besar, nampak menonjol tak beraturan di sepanjang kaki. Mereka tidak hanya menjadi perhatian, tetapi juga dapat menimbulkan beberapa bahaya kesehatan yang serius, seperti pembekuan darah dan masalah peredaran darah lainnya.

7 Fakta Penting Tentang Varises

Baca Juga:

Nah, berikut ini beberapa fakta penting yang harus Anda ketahui, agar dapat membantu kondisi ini untuk tidak menjadi jauh lebih parah:

1. American Society for Vascular Surgery memperkirakan bahwa 40 juta orang Amerika memiliki varises. Statistik lanjut menunjukkan bahwa perempuan lebih rentan terhadap kondisi ini dibandingkan laki-laki: 33% perempuan dan 17% laki-laki di Amerika Serikat telah terkena. Ini berarti, perempuan harus lebih waspada.

2. Penyebab paling umum dari varises adalah berdiri atau duduk untuk waktu yang lama. Seiring waktu, hal ini menyebabkan melemahnya dinding pembuluh darah, sehingga darah berkumpul di pembuluh darah bukannya dipompa kembali ke jantung.

3. Sementara ini, varises terkadang dapat diatasi dengan mengenakan stoking kompresi, namun Anda harus segera mengubungi dokter jika tiba-tiba kaki Anda menjadi bengkak, mengembangkan benjolan tender atau luka terbuka, atau mulai muncul pendarahan.

4. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute, obesitas dan kehamilan lebih cenderung meningkatkan tekanan pada pembuluh darah, mempertinggi risiko seseorang mengembangkan kondisi tersebut. Oleh karena itu, olahraga teratur dan mengontrol berat badan dapat membantu mencegah varises.

5. Sembelit ternyata turut berperan dalam terbentuknya varises, dimana kondisi saat memberikan tekanan pada tempat buang air besar, terjadi juga tekanan pada pembuluh darah. Itu sebabnya, para ahli di University of Maryland Medical Center menyarankan agar mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Hal ini membantu melancarkan buang air besar, sehingga mengurangi tekanan pada kaki.

6. Para ahli di Harvard Medical School menyarankan tindakan pencegahan sederhana terhadap varises diantaranya beberapa kali sehari, beristirahatlah 15 menit dengan kaki dinaikkan di atas setingkat posisi hati Anda sehingga pembuluh darah Anda tidak harus bekerja melawan gravitasi. Mereka juga memberi peringatan terhadap orang yang sering duduk dengan kaki disilangkan.

7. Michael Castleman, seorang penulis buku yang berjudul "The New Healing Herbs", berkata bahwa ramuan herbal dari tanaman pegagan terbukti meningkatkan aliran darah yang melalui tubuh bagian bawah termasuk kaki, sehingga membantu mencegah varises. Namun perlu diperhatikan, ada banyak ahli juga yang menyarankan agar menghindari pegagan jika Anda memiliki kondisi penyakit liver, karena dapat berinteraksi dengan banyak obat yang diproses oleh hati.

Nah, itulah 7 Fakta Penting Tentang Varises yang harus Anda ketahui, varises memang bisa disembuhkan, asalkan kita tahu caranya, serta rajin berolahraga, dan jangan duduk terlalu lama. Jika kita tidak segera menangani kondisi ini, justru ditakutkan akan menimbulkan masalah kesehatan yang lainnya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar: