Mungkinkah Membangun Lift ke Ruang Angkasa?


Minggu, 22 Februari 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Saat ini, para pakar teknologi dan ilmuwan sedang saling berdebat mengenai sebuah rencana pembangunan lift ke ruang angkasa. Banyak yang berpendapat bahwa hal ini bisa sangat berguna jika dapat terwujud, namun tidak sedikit juga yang menyatakan bahwa pembangunan lift ini sangat tidak praktis untuk diwujudkan dalam dunia nyata.

Memang, sebelumnya, lift ke ruang angkasa hanya ada pada fiksi ilmiah, dimana ruang lift tersebut adalah sistem transportasi yang menggunakan kapsul khusus untuk membawa berbagai macam hal-hal yang dapat berguna di ruang angkasa, kapsul itu melintasi ruang sepanjang kabel yang begitu lama sehingga membentang sepanjang jalan menuju ke orbit.

Mungkinkah Membangun Lift ke Ruang Angkasa?

Keuntungan atas mengirim orang dan kargo ke ruang angkasa yang menggunakan roket konvensional akan menjadi besar, menyimpan sejumlah besar uang dan sumber daya pada setiap peluncuran. Masalahnya, tidak ada yang pernah bisa mewujudkan cara yang layak untuk benar-benar mengubah konsep ruang lift ke sistem kehidupan nyata.

Baca Juga:

Beberapa berpendapat bahwa membangun hal seperti itu pada dasarnya tidak praktis, terutama mengingat bahwa kabel yang akan diperlukan lebih dari 100.000 km panjangnya, hal ini bahkan lebih dari dua kali keliling bumi itu sendiri.

Elon Musk, CEO SpaceX dan penemu Hyperloop, juga telah menyatakan keraguan itu dengan menyatakan bahwa akan lebih mudah untuk membangun sebuah jembatan dari Los Angeles ke Tokyo.

"Ini sangat rumit," katanya. "Saya tidak berpikir itu benar-benar realistis untuk membangun lift ke ruang angkasa."

Mungkinkah Membangun Lift ke Ruang Angkasa?

Meskipun demikian masih ada beberapa pendapat yang berbeda, termasuk Peter Swan dari Luar Angkasa Internasional Elevator Consortium, yang percaya bahwa lift ruang angkasa sangat banyak membantu masa depan kita.

"Ini adalah teknologi fenomenal yang memungkinkan akan membuka tata surya kita ke manusia," katanya. "Saya pikir yang pertama menjalaninya adalah robot, dan kemudian 10 sampai 15 tahun setelah itu kami akan memiliki enam sampai delapan lift yang cukup aman untuk membawa orang-orang ke angkasa."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

(BBC)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar:

  1. wah dunia mulai menggila dengan teknologinya sob hehehe

    BalasHapus