Starivores, Ras Alien yang Memakan Matahari


Selasa, 13 Januari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Saat ini, para astronom sedang gencar-gencarnya melakukan pencarian tanda-tanda kehidupan di luar bumi. Yang menjadi target mereka adalah starivores. Apa itu starivores? Starivores adalah sebutan bagi bentuk-bentuk kehidupan di luar bumi (alien) yang bertahan hidup dengan mengkonsumsi energi dari bintangnya.

Namun dalam perburuan untuk menemukan bukti kehidupan di tempat lain di alam semesta, astronom tertarik untuk membuang semua kemungkinan dan meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlintas di benak mereka. Sebuah konsep yang diajukan oleh sekelompok filsuf, astrobiologis dan ahli teknologi, didasarkan pada gagasan bahwa ras alien cukup maju akan memerlukan pemanfaatan sejumlah besar energi bagi kekuatan mereka.

Starivores, Ras Alien yang Memakan Matahari

"Peradaban kita menghasilkan sejumlah kecil dari energi, dimana energi tersebut merupakan satu triliun kali lebih kecil dari listrik yang dihasilkan oleh sinar matahari," kata Avi Loeb, ketua departemen astronomi Harvard University.

Baca Juga:

"Anda bisa membayangkan bahwa beberapa peradaban maju akan dapat memanfaatkan seluruh energi dari bintang induknya. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mereka melakukannya?"

Oleh karena itu, 'starivores' merupakan organisme teoritis, seperti yang didefinisikan oleh konversi materi menjadi energi dan pembuangan limbah, mereka mampu menyerap dan memetabolisme energi dari sebuah bintang.

Starivores, Ras Alien yang Memakan Matahari

Dari sini kita jadi teringat kepada salah satu topik cerita yang dibahas dalam film Transformers, dimana matahari yang ada dalam sistem tata surya kita menjadi target bagi mereka untuk memanen energi.

Menurut teori, bentuk-bentuk kehidupan seperti itu mungkin saja ada dalam sistem bintang biner, di mana satu bintang dapat diamati menghisap materi dan energi dari bintang tetangganya.

"Kesulitan dalam ide ini, seperti ide lain untuk intelijen canggih, yaitu dalam mencari sinyal," kata Loeb. "Jika kita tahu apa yang harus dicari, maka kita akan menemukannya."

"Jelas, konfirmasi atau sanggahan dari ide ini adalah di luar kepalaku. Perlu upaya tim, terdiri dari astrofisikawan energi tinggi dan astrobiologis."





sign


Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

7 komentar:

  1. wah ada ada aja ya sob, eh, ia saya tau film itu matahari sebagai sumber energi sob,

    BalasHapus
  2. @Em Albar: yup, betul bgt sob... sumber energi yg besar sekali sob, jika bs mengolahnya, maka bs digunakan utk menghasilkan kekuatan maha dahsyat.. itu yg ada dipemikiran para astronom.

    BalasHapus
  3. trs, gmana nasib matahari kita mas? gak pa2 kan?

    BalasHapus
  4. oh, ternyata masih teori ya?

    BalasHapus
  5. @Obat tradisional: gak pa2 mbak, kan ada Autobot ^_^ hehe

    @JIM: iya JIM, tenang aja, tp kalo misalkan bnr gimana tuh?

    @Desi Isna Hernayanti: bukan mataharinya sih mbak, tp energinya

    BalasHapus