Denmark Danai 4,5 M Untuk Meneliti "Troll"


Senin, 10 November 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Dalam cerita-cerita rakyat, mitologi, ataupun film-film fiksi seringkali kita mendengar nama makhluk tinggi dan besar serta berwajah seram dengan sebutan troll. Apakah makhluk tersebut benar-benar ada dalam faktanya? Atau hanya sebuah gambaran dalam cerita fiksi belaka.

Nah, belum lama ini, ada sebuah organisasi Dewan Denmark untuk Penelitian Independen (DFF) memberikan kontribusi sekitar 2,5 juta kroner (US $ 428.000) atau jika dirupiahkan sekitar 4,5 miliar rupiah untuk mendanai sebuah penelitian yang meneliti keberadaan tokoh fiksi terkenal dengan nama “troll” tersebut, yang konon katanya troll merupakan makhluk bawah tanah yang ada dalam mitos populer di pulau Bornholm di Laut Baltik.

Denmark Danai 4,5 M Untuk Meneliti Troll
Troll di film Lord of The Rings

Makhluk troll ini seringkali menjadi bagian pokok dari mitos dan legenda cerita rakyat Skandinavia dan sekarang para peneliti mulai menjelajahi dampak dari cerita-cerita di lingkungan setempat setelah mendapatkan hibah penelitian yang cukup besar untuk memperluas studinya tersebut.

Secara khusus proyek ini akan difokuskan di pulau misterius Bornholm di Laut Baltik di mana kisah-kisah troll dengan nama Krølle Bolle telah beredar meluas selama bertahun-tahun.

Peneliti Lars Christian Kofoed Rømer, yang merupakan receipient dana, tidak merasa asing dengan penyelidikan mata pelajaran yang tidak konvensional ini, sebab sebelumnya juga ia sudah mempelajari topik hantu selama dua tahun.

Denmark Danai 4,5 M Untuk Meneliti Troll
Troll di cerita rakyat Skandinavia

Organisasi yang bertanggung jawab untuk pemberian uang, Dewan Denmark untuk Penelitian Independen (DFF), telah membela keputusan meskipun skeptis atas nilai studi tersebut.

"Di DFF kami percaya bahwa penelitian humanistik harus didanai sejajar dengan semua bidang penelitian lain dan kita benar-benar mendukung tempat itu lebih dari kita mendukung penelitian sosial," kata ketua organisasi Peter Munk Christiansen.

Denmark Danai 4,5 M Untuk Meneliti Troll
Troll di film The Hobbit

Apakah benar tokoh fiksi troll itu ada? Kita tunggu saja hasil penelitiannya...



sign


(rt)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. @Fitriyana: hehe, takut ya mbak :) ngliat muka troll serem, tp dari cerita2 di film sih troll itu agak bodoh, bs gampang ketipu

    BalasHapus