Ilmuwan Pecahkan Misteri Asal Batu Kaca Kuning Mesir Kuno


Sabtu, 18 Mei 2019
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] Ilmuwan Pecahkan Misteri Asal Batu Kaca Kuning Mesir Kuno

Para ilmuwan akhirnya berhasil menentukan asal usul batu kaca kuning misterius yang ditemukan di gurun Afrika. Dicetak untuk warna kuning pekat dan digunakan di Mesir kuno untuk membuat perhiasan dan ornamen lainnya, kaca gurun yang tidak biasa ini secara alami muncul melintasi bukit pasir di Libya Timur dan Mesir Barat.

Para ilmuwan telah lama berjuang untuk menentukan apakah kaca yang diyakini berasal dari 29 juta tahun yang lalu itu, terbentuk selama dampak meteorit atau hasil dari ledakan udara, sebuah fenomena yang terjadi ketika sebuah benda meledak dan melepaskan energi ke atmosfer Bumi.

Baca Juga:

Ilmuwan Pecahkan Misteri Asal Batu Kaca Kuning Mesir Kuno
#-Batu kaca kuning sempat menjadi teka-teki ilmuwan-#


Namun kini, dalam sebuah studi baru, ahli geologi dan ilmuwan planet Aaron Cavosie dari Curtin University di Australia telah menemukan bukti baru yang meyakinkan untuk mendukung hipotesis dampak meteorit.

Dengan menganalisis butiran kecil zirkon yang ditemukan di dalam kaca, Cavosie dapat menemukan jejak reidite, yaitu jenis mineral yang hanya terbentuk pada tekanan tinggi selama dampak meteorit.

Ilmuwan Pecahkan Misteri Asal Batu Kaca Kuning Mesir Kuno
#-Batu kaca kuning di aksesoris Mesir Kuno-#


"Baik meteorit dan semburan udara dapat menyebabkan pencairan, namun, hanya meteorit yang menciptakan gelombang kejut yang membentuk mineral bertekanan tinggi," katanya.

"Jadi, menemukan bukti bekas reidite menegaskan bahwa itu diciptakan sebagai hasil dari dampak meteorit."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Batu kaca kuningnya cantik ya, jadi pantas saja dipakai untuk mempermanis asesoris begitu.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.