Lady Dai, Sosok Mumi Terbaik Di Dunia Yang Penuh Misteri


Selasa, 13 November 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Lady Dai, Sosok Mumi Terbaik Di Dunia Yang Penuh Misteri

Dia adalah seorang bangsawan kecil, tetapi Lady Dai jelas menikmati hiasan mewah dari perannya sebagai istri seorang bangsawan provinsi selama Dinasti Han pada abad kedua SM.

Terkubur jauh di dalam lereng bukit di selatan-tengah Cina, makamnya yang diawetkan dengan sempurna ditemukan pada tahun 1972 oleh para pekerja yang menggali tempat perlindungan serangan udara. Ruangan kecil dipenuhi dengan benda-benda yang mendefinisikan kehidupannya yang nyaman seperti diantaranya pernis indah, gaun, sandal, produk kecantikan, dan wadah makanan favoritnya, termasuk angsa dan burung lainnya.

Baca Juga:

Lady Dai, Sosok Mumi Terbaik Di Dunia Yang Penuh Misteri

Vena Lady Dai masih penuh dengan darah, dan hampir semua jaringan lunaknya masih utuh. Kulitnya cukup lentur sehingga para peneliti dapat menekuk lengan dan kakinya. Salah satu mumi terbaik yang diawetkan di dunia, Lady Dai sangat terpelihara dengan baik sehingga dokter Cina masih dapat melakukan otopsi meski lebih dari 2.000 tahun setelah kematiannya.

Mereka menemukan bahwa itu adalah cinta kehidupan yang baik yang mungkin membawanya keluar darinya. Dia mungkin dimanjakan, tapi Lady Dai sama sekali tidak sehat. Meskipun ia baru berusia sekitar 50 tahun, otopsi mengungkapkan adanya serangkaian komplikasi kesehatan yang termasuk kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi dan schistosomiasis, serta infeksi parasit. Meskipun memiliki penyakit ini, Lady Dai mempertahankan gaya hidup mewahnya sampai akhir, meski kesehatan yang buruk mengejarnya.

Lady Dai, Sosok Mumi Terbaik Di Dunia Yang Penuh Misteri
Mumi Lady Dai saat hendak di otopsi
___________________________________________

Lady Dai, Sosok Mumi Terbaik Di Dunia Yang Penuh Misteri
Peti mati tempat mumi Lady Dai ditemukan
_____________________________________________

"Dia berlebihan, mungkin dalam sebuah pesta ... dan kemudian dia mengalami serangan jantung dan itu adalah akhir dari dirinya," kata Charles Higham, seorang peneliti di University of Otago di Selandia Baru, yang telah mempelajari Lady Dai secara ekstensif.

Sesuai dengan posnya, Lady Dai dimakamkan di sebuah makam yang juga berisi suami dan putranya, meskipun tubuh mereka tidak terawetkan dengan baik. Dia dibungkus dengan puluhan lapis sutra dan dibaringkan dalam rangkaian empat peti mati berlapis yang dilapisi pernis. Untuk menahan udara dan air, pembangun makam membungkus seluruh makam kayu cemara di lapisan arang dan tanah liat kaolin beberapa kaki tebalnya. Para arkeolog juga menemukan jejak merkuri di dalam peti matinya, menunjukkan bahwa logam beracun itu mungkin telah digunakan sebagai agen antibakteri.

"Han memiliki gagasan bahwa jika Anda ingin pergi ke akhirat dan hidup selamanya, Anda harus menjaga tubuh," kata Higham. "Mereka bukan orang bodoh, kamu tahu, mereka tahu semua tentang dekomposisi ... itulah mengapa mereka mengambil rasa sakit untuk membungkusnya [dan menyegel makamnya]."

Lady Dai, Sosok Mumi Terbaik Di Dunia Yang Penuh Misteri
Patung lilin gambaran Lady Dai saat masih hidup dan sehat
_______________________________________________________

Sebagian besar bangsawan Cina pada periode ini membuat upaya untuk melestarikan tubuh mereka setelah kematian, tetapi hanya sedikit yang berhasil. Banyak dari mereka yang dibaringkan di peti mati batu giok atau bahkan baju zirah dari batu permata di bawah paham yang salah bahwa batu berharga akan melindungi mereka dari pembusukan. Bagaimanapun, Lady Dai dapat bertahan, hanya karena dia benar-benar tertutup dari lingkungan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

8 komentar:

  1. Saya baru tahu kalau ada mumi bernama lady dai, dilihat dari cerita hidupnya lady dai ini cukup mengagumkan, dia tetap berusaha tampil prima didepan orang-orang walau dia mengidap beberapa penyakit yang luar biasa dan itu cukup memaksakan diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu menuruti gaya hidup mewah, tdk memperhatikan kesehatannya. itu kurang baik sob.

      Hapus
  2. Udh segitu lamanya ternyata tubuhnya masih utuh dan bermanfaat bagi penelitian medis...mmm awesome.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah mengapa mumi ini mendapatkan sebutan sebagai 'mumi terbaik di dunia'

      Hapus
  3. Luar biasa ini pembalsemannya ya jadi masih utuh begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahkan darahnya pun masih ada, luar biasa!

      Hapus
  4. Penemuan mumi yang menakjubkan .. , saluran venanya masih ada darah.
    Susah dipercaya, tapi fakta adanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, begitulah keadaannya sob.. msh berdarah.. serem, plus amazing

      Hapus