Helium Terdeteksi di Atmosfer Planet Ekstrasurya WASP-107b


Jumat, 04 Mei 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Helium Terdeteksi Di Atmosfer Planet Ekstrasurya WASP-107b

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan telah mendeteksi keberadaan helium di atmosfer planet yang berada di orbit sekitar bintang yang jauh. Penemuan yang dibuat oleh pemburu exoplanet bernama Jessica Spake dan rekannya ini, melibatkan penggunaan Teleskop Luar Angkasa Hubble untuk mengamati exoplanet yang relatif berdekatan bernama WASP-107b yang berjarak sekitar 200 tahun cahaya dari Bumi.

Planet ini sangat tidak bersahabat dengan suhu atmosfer mencapai 500C yang sangat panas.

Untuk mendeteksi helium yang terlibat, kita harus menunggu planet tersebut lewat di depan bintang induknya dan kemudian menganalisa cahaya yang melewati atmosfernya.

Baca Juga:

Helium Terdeteksi di Atmosfer Planet Ekstrasurya WASP-107b

Namun, tidak seperti pada penelitian sebelumnya, tim ini mempelajarinya dalam gelombang inframerah daripada panjang gelombang ultraviolet.

"Ini adalah metode baru untuk menyelidiki bagian atas atmosfer planet ekstrasurya, di mana radiasi energi tinggi diamati," kata Jessica Spake. "Mudah-mudahan, kita akan dapat mempelajari lebih banyak atmosfer planet bagian atas dengan cara ini."

Helium Terdeteksi di Atmosfer Planet Ekstrasurya WASP-107b

Sementara teleskop baru seperti James Webb akan memungkinkan untuk mempelajari atmosfer planet luar planet secara lebih rinci, fakta bahwa ini dapat dicapai dengan menggunakan teleskop yang ada cukup signifikan.

"Helium yang kami deteksi meluas jauh ke luar angkasa sebagai awan renggang yang mengelilingi planet ini," kata rekan penulis studi Tom Evans dari Universitas Exeter.

Helium Terdeteksi di Atmosfer Planet Ekstrasurya WASP-107b

"Jika lebih kecil, planet seukuran Bumi memiliki awan helium yang sama, teknik baru ini menawarkan sarana yang menarik untuk mempelajari atmosfer bagian atas mereka dalam waktu yang dekat."

Helium memang memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah digunakan pada scanner MRI dalam kedokteran, pengelasan, mendeteksi kebocoran industri dan energi nuklir. Akan tetapi, belakangan ini pasokan gas helium memang semakin menipis dan mulai terancam habis. Lalu, apakah dengan adanya temuan ini, menjadi kabar yang baik untuk masa depan dimana planet WASP-107b akan menjadi sumber daya helium yang baru dan tak terbatas di suatu saat.

Hal ini memang tidak menutup kemungkinan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar