Cassini Memulai Penyelaman di Antara Cincin Saturnus


Jumat, 28 April 2017
Label:

[Sains Box] Pada tanggal 26 April 2017 adalah hari bersejarah bagi pesawat ruang angkasa Cassini milik NASA yang telah memulai melakukan gerakan manuver berbahaya sehingga mengakibatkan NASA kehilangan kontak dengannya untuk sementara. Seiring dengan posisi Cassini yang mendekati akhir misinya, badan antariksa NASA telah memilih untuk mengirimkannya pada serangkaian penyelaman yang berisiko tinggi di antara cincin Saturnus, merekam data dan berfoto sambil berjalan.

Bagian dari "grand finale" probe setelah hampir 20 tahun berada di luar angkasa ini, adalah tindakan terbang begitu dekat dengan atmosfer raksasa gas yang berpotensi menimbulkan kerusakan mematikan setiap saat.

Cassini Memulai Penyelaman di Antara Cincin Saturnus

Baca Juga:

Untuk membantu meningkatkan kemungkinan Cassini dapat bertahan, para ilmuwan telah mengambil keputusan untuk mengarahkan antena besar antariksa tersebut ke arah perjalanan sehingga bisa bertindak sebagai perisai darurat.

Kelemahan dari pendekatan ini adalah bahwa, untuk saat ini setidaknya, NASA telah kehilangan kontak dengannya.

Jika Cassini dapat bertahan, sesuatu yang mungkin akan terlihat dalam 24 jam, seharusnya berhasil mencatat banyak data baru tentang Saturnus dan cincinnya.

"Tidak ada pesawat ruang angkasa yang pernah melewati wilayah unik ini, yang akan kita coba untuk berani menyeberanginya 22 kali," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Ilmu Pengetahuan.

"Apa yang kita pelajari dari orbit akhir Cassini yang berani ini akan memajukan pemahaman kita tentang bagaimana planet raksasa, dan sistem planet di mana-mana, terbentuk dan berkembang."

"Ini benar-benar penemuan dalam tindakan sampai akhir."

VIDEO MANUVER CASSINI

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar