Makhluk Mitos Misterius Ini Terlihat Lagi Setelah Seabad


Rabu, 07 Desember 2016
Label: ,

[Sains Box] Makhluk invertebrata yang tampak aneh dan misterius ini telah terlihat lagi di laut dalam setelah sebelumnya menghilang lebih dari satu abad sejak penemuan pertamanya. Makhluk yang memiliki tubuh tembus pandang dan penampilan seperti hantu ini bernama Bathochordaeus Charon atau seringkali disebut sebagai “Sea Blob”. Pertama kali diamati oleh Prof Carl Chun dari Universitas Leipzig pada tahun 1899 sepanjang perjalanan kembalinya selama ekspedisi untuk mengeksplorasi kedalaman Atlantik Selatan.

Makhluk Mitos Misterius Ini Terlihat Lagi Setelah Seabad

Baca Juga:

Diyakini makhluk tersebut berasal dari dasar laut, sehingga ia pun menamakannya 'Charon' yang mana nama ini terinspirasi dari makhluk mitologi Yunani yang memiliki tugas mengangkut jiwa-jiwa orang yang meninggal di seberang sungai Styx.

Namun, makhluk aneh ini, seperti menghilang, sebab tidak ada lagi yang melaporkan penampakannya selama abad terakhir. Meskipun banyak para ilmuwan yang melakukan penelitian dan pemeriksaan, sayangnya mereka tidak menemukan makhluk yang sama persis seperti penemuan Chun.

Akan tetapi, baru-baru ini Rob Sherlock dari Monterey Bay Aquarium Research Institute akhirnya berhasil menemukan dan bahkan menangkap satu dari makhluk tersebut di lepas pantai California menggunakan kendaraan yang dioperasikan jarak jauh (ROV).

Makhluk Mitos Misterius Ini Terlihat Lagi Setelah Seabad

"Sejak kendaraan itu pulih, beberapa puluh menit kemudian, hewan ini masih hidup, dalam bentuk yang fantastis, dan kami awetkan segera untuk mengirimkannya ke Smithsonian," katanya.

"Semula kami tidak tahu, sampai kami melihat lebih dekat pada spesimen, bahwa kami telah benar-benar menemukan B. Charon, spesies pertama kali dijelaskan lebih dari seratus tahun yang lalu."

"Rasanya seperti Chun, yang akhirnya terbukti benar setelah bertahun-tahun dalam keraguan."


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar