Radiasi Hawking Telah Terbukti Kebenarannya


Selasa, 26 April 2016
Label: ,

[Sains Box] Teori Stephen Hawking tentang energi yang dipancarkan oleh sebuah lubang hitam akhirnya bisa mendapatkan Hadiah Nobel.

Lebih dari 40 tahun yang lalu fisikawan terkenal di dunia Stephen Hawking menentukan bahwa materi dan energi yang diserap oleh lubang hitam mungkin tidak terjebak di sana selamanya sebab ada sejumlah kecil radiasi termal yang dipancarkan kembali ke angkasa sepanjang waktu, sebuah fenomena yang dikenal sebagai 'radiasi Hawking'.

Radiasi Hawking Telah Terbukti Kebenarannya

Baca Juga:

Menemukan bukti konklusif sangatlah sulit, tapi saat ini profesor fisika Jeff Steinhauer dari Technion universitas di Haifa telah menemukan cara kreatif dengan menciptakan lubang hitam mini sendiri di laboratorium menggunakan suara.

Dalam eksperimennya, ia menggunakan helium super-dingin untuk mensimulasikan sebuah cakrawala lubang hitam dan kemudian digunakan gelombang suara untuk meniru apa yang terjadi ketika ada sesuatu yang ditarik ke dalamnya.

Hasil penelitian menunjukkan bukti fonon (paket kecil energi yang membentuk gelombang suara) melarikan diri dari 'lubang hitam' persis seperti yang diperkirakan oleh persamaan Hawking.

Radiasi Hawking Telah Terbukti Kebenarannya
Stephen Hawking. Credit

Untuk sementara, temuannya sedang menjalani tingkat yang signifikan dari pengawasan, jika ia benar maka itu akan berarti bahwa apa yang dikatakan Hawking itu benar tentang penguapan lubang hitam sepanjang waktu.

"Percobaan yang indah," kata fisikawan Silke Weinfurtner. "Jeff telah melakukan pekerjaan yang luar biasa, tetapi beberapa klaim yang dia buat terbuka untuk diperdebatkan. Layak untuk didiskusikan."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar