Siput Terkecil di Dunia, Muat di Lubang Jarum


Sabtu, 03 Oktober 2015
Label:

[Sains Box] Inilah siput terkecil di dunia, sejenis spesies siput baru yang memiliki tubuh benar-benar kecil sehingga sepuluh siput ini akan muat dijejerkan dalam lubang jarum. Siput ini memiliki ukuran panjang hanya 0.86 mm saja, diduga merupakan siput tanah terkecil yang pernah ditemukan dan kemungkinan sangat sulit dilihat dengan mata telanjang, karena tubuh mereka teramat kecil.

"Ini mungkin spesies endemik yang paling ekstrim," kata rekan penulis studi Barna Páll-Gergely. "Jika kita bisa menemukan mereka di lebih dari satu lokasi, itu akan sangat mengejutkan."

Siput Terkecil di Dunia, Muat di Lubang Jarum

Baca Juga:


Siput yang diberi nama Angustopila dominikae ini berhasil ditemukan oleh para peneliti yang mengumpulkan sampel tanah dari dasar batu kapur di China.

"Kami tidak bisa menjelaskan ukuran mereka dengan adaptasi terhadap lingkungan," kata Páll-Gergely.

"Untuk serangga yang sangat kecil kita bisa menebak alasan evolusi mengapa mereka berevolusi seperti itu, tapi dalam kasus siput itu jauh lebih sulit."

Siput Terkecil di Dunia, Muat di Lubang Jarum

"Seluruh keluarga dari spesies yang sangat kecil dan nenek moyang mereka, yang tinggal mungkin 60 juta tahun yang lalu ini juga sangat kecil."

Sebenarnya, hal ini tidaklah mungkin untuk menemukan siput jauh lebih kecil lagi daripada yang ditemukan ini, sebab organ-organ dan sel-sel siput tidak bisa lebih kecil lagi dan jumlah minimum sel sangat diperlukan untuk keberadaan hewan ini.

Penasaran seperti apa siputnya, nonton videonya yuk...

NONTON VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar