Bulan Kecil ditemukan Mengorbit Asteroid Besar


Rabu, 28 Januari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Bulan Kecil ditemukan Mengorbit Asteroid Besar

Asteroid yang dikenal dengan nama 2004 BL86 yang terbang melewati Bumi minggu-minggu ini pada jarak 1,2 juta kilometer, merupakan jarak terpendek antara asteroid dengan bumi yang pernah tercatat. Dari sekian jumlah 325 juta asteroid yang beredar di angkasa, pertemuan terdekat ini terjadi hanya memiliki kemungkinan dua abad sekali saja.

Ada satu hal penting yang berhasil di catat oleh para astronom dari peristiwa langka ini. Sebelumnya, para astronom tidak pernah mengetahui jika asteroid raksasa yang selama ini mereka pantau memiliki pendamping dalam perjalanan angkasa mereka. Ternyata asteroid besar itu memiliki bulan yang berukuran kecil, hanya berdiameter 70 meter saja. Penampakan bulan milik asteroid itu berhasil diabadikan dengan foto-foto yang diambil langsung dari bumi.

Baca Juga:

Bulan kecil ditemukan mengorbit asteroid besar

Diperkirakan, di tahun 2027 nanti akan ada asteroid berikutnya yang berjarak dekat lagi dengan bumi. Asteroid tersebut bernama 1999 AN10, batu ruang angkasa ini akan nampak lebih besar, sebab memiliki ukuran lebih dari satu kilometer dan jarak yang lebih dekat ke bumi yaitu sekitar 36,000 km dari planet kita.

Sementara sebagian besar asteroid yang lebih besar dalam tata surya kita sudah dipantau oleh astronom, justru ancaman nyata bisa berasal dari objek yang lebih kecil antara ukuran 100 m dan 1 km. Karena, jika ukuran mereka lebih kecil menjadi lebih banyak dan lebih sulit untuk mendeteksinya, salah satu dari contoh asteroid ini adalah asteroid mid-size bisa menyebabkan kerusakan yang luas jika mereka menghantam bumi, akan tetapi mereka tidak cukup besar untuk menghapus seluruh permukaan isi bumi.

Saat ini ada diperkirakan sekitar 20.000 mid-size batuan ruang angkasa yang meluncur di sekitar kita dan sejauh ini hanya sebagian kecil dari mereka yang telah berhasil diidentifikasi dan dilacak.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(BBC)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar