Manfaat Buah Cranberry Untuk Kesehatan


Rabu, 01 Oktober 2014
Label:

[Sains Box] Apakah Anda suka menikmati sereal pagi Anda dengan taburan cranberry? Jika iya, itu sangat bagus sekali. Cranberry selain rasanya yang manis, ternyata menyimpan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Sejauh ini, manfaat cranberry telah ditemukan berhubungan dengan kemampuan untuk melindungi kandung kemih. Ketika seseorang mengalami tanda-tanda pertama dari infeksi saluran kemih, disarankan untuk meminum segelas jus cranberry. Karena jus cranberry telah terbukti bisa menetralkan bakteri yang hidup dalam saluran kemih. Selain itu juga, cranberry ternyata dapat melindungi mulut dari penyakit.

Cranberry dapat membantu melindungi mulut dengan mencegah bakteri menempel pada permukaan lidah Anda. Mengenai kualitas cranberry ini ditemukan oleh sebuah tim peneliti di University of Rochester Medical Center. Tim tersebut dipimpin oleh Hyun (Michel) Koo, DDS, Ph.D. Yaitu seorang pakar biologi Oral. Beliau mengatakan bahwa kemampuan penghilang bakteri tersebutlah yang membuat cranberry sangat baik untuk kandung kemih. Dengan meminum jus cranberry, maka akan melepaskan bakteri dari permukaan saluran kemih dan mengirim bakteri tersebut keluar dari tubuh Anda.

Manfaat Buah Cranberry Untuk Kesehatan

Seperti yang kita ketahui, kerusakan pada gigi terjadi ketika plak menumpuk dalam mulut. Plak memiliki sebuah blok bangunan yang oleh para ilmuwan disebut dengan glukan. Bakteri menggunakan glukan untuk menetap di sekitar gigi, sehingga mereka dapat dengan aman memakan gula atau sisa makanan yang menumpuk di sana. Hal ini menyebabkan timbulnya bau mulut dan gigi berlubang.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Hyun Koo tersebut menemukan bahwa jus cranberry dapat mengganggu pembentukan glukan, sehingga menggagalkan bakteri untuk menetap pada plak yang menumpuk di sekitar gigi.

"Sesuatu dalam jus cranberry melucuti patogen yang menyebabkan kerusakan gigi," kata Koo.

Tapi apakah ini berarti Anda harus minum lebih banyak jus cranberry yang tersedia di supermarket? Tidak begitu juga. Ingat, gula biasanya ditambahkan ke dalam jus yang dijual pada toko-toko, hal ini bukannya membantu gigi Anda, melainkan dapat membahayakannya.

Manfaat Buah Cranberry Untuk Kesehatan

Untuk itu, cobalah ide-ide yang sehat berikut ini untuk menikmati buah cranberry yang segar, bersama dengan semua manfaat kesehatan yang terkandung didalamnya:
  • Irislah cranberry lalu tempatkan di piring bersama dengan salad buah Anda.
  • Taburkan beberapa cranberry di atas hidangan pilaf Anda. Apa itu pilaf? Cobalah juga dengan couscous dan pasta.
  • Cranberry juga sangat cocok dikombinasikan dengan Keju ricotta.
  • Cranberry bisa juga dipasangkan dengan kacang tawar panggang.
  • Memadukan cranberry dengan buah-buahan lainnya untuk membuat jus berwarna-warni. Semua itu tentunya dijamin sehat, tanpa resiko!
Nah, sobat Sains Box, itulah beberapa tips menghidangkan buah cranberry yang lezat dan sehat bersama dengan makanan lainnya. Semoga dengan kita menyempatkan diri mengkonsumsi cranberry ini, bisa memberikan manfaat kesehatan bagi mulut dan kandung kemih kita, sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri berbahaya.

Selamat mencoba!




sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar